Pages

Subscribe:

Senin, 13 Juni 2011

Cara Membuat Virtual Hard Disk Drive di Windows 7

Virtual Hardisk adalah tempat sebuah penyimpanan virtual yang memanfaatkan hard disk fisik yang ada di perangkat komputer kita. Dengan memanfaatkan teknologi ini, kita dapat mengatur hard disk virtual tanpa harus mengganggu drive yang lain.
Proses ini akan menciptakan sebuah drive baru pada perangkat komputer kita tanpa harus melakukan partisi ulang atau tambahan pada hard disk drive yang tentunya akan memperkecil resiko kehilangan data dari pada saat kita membuat partisi tambahan pada hard disk. Windows 7 akan membuat file .
Virtual baru yang menjadi isi seluruh file pada hard disk dengan ukuran minimal 3MB.
Untuk memulai membuat sebuah virtual drive, kita dapat memulai dengan klik kanan pada Computer dan pilih Manage atau bisa juga dengan mengetikkan diskmgmt.msc pada kotak pencarian (Search) yang ada di Start Menu. Lihat gambar dibawah ini

Setelah itu akan terlihat ComputerManagement. Klik Actuin –> Create Virtual Hard Disk
Cara Membuat Virtual Hard Disk Drive di Windows 7 Image


Pilih direktori dimana anda ingin menyimpan file .VHD yang akan menyimpan Virtual Hard Disk  anda dan tentukan besarnya kapasits file dari hard disk virtual. Lakukan konfigurasi lainnya seperti pemilihan kapasitas virtual hard disk dynamic (kapasitas dapat berubah secara otomatis sesuai dengan isi di dalam hard disk virtual) atau fixed (kapasitas tetap dan tidak bisa berubah secara otomatis).
Dalam disk management akan terlihat berapa kapasitas ruang hard disk yang tidak terpakai yang dapat digunakan sebagai virtual hard disk drive.
Untuk memulai menggunakan virtual hard disk drive, klik kanan pada disk tersebut kemudian pilih Initialize Disk.
Sekarang kita membuat volume virtual dengan cara klik kanan pada Unallocated Space dan pilih New Simple Volume.
Setelah klik New Simple Volume, next saja sampai muncul jendela yang berguna untuk menentukan kapasitas ruang hardisk yang mau dipakai untuk virtual hardisk.
Pilih format disk yang akan dipakai, apakah menggunakan FAT, FAT32 atau NTFS. Beri tanda pada Perform Quick Format dan beri nama pada disk tersebut.

Seletah selesai dibuat, akan terlihat di My Computer.
Penggunaan Virtual Hard Disk Drive ini dapat bermanfaat untuk menambah volume drive pada perangkat komputer kita untuk berbagi file di jaringan komputer.
Selamat Mencoba. ^_^
 Diterbitkan oleh;;
http://lippoydepresi.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar